Insights

Dapatkan wawasan terbaru

Insights

Joint Venture Telkom Indonesia & Telstra Raih Penghargaan sebagai ‘Most Innovative Partnership’

Pada tanggal 7 November 2014, saya menghadiri acara IDC Asia/Pacific Telecom Summit di Singapura. Acara internasional ini benar-benar mewakili seluruh ide dan gagasan yang berasal dari perwakilan perusahaan di seluruh Asia Pasifik.

Momen seperti ini merupakan kesempatan emas untuk dapat berbagi,  memperoleh pemahaman yang lebih baik terhadap praktek kerja terbaik, memperoleh tren terbaru, serta pengembangan dan peluang-peluang lainnya. Sebagai pemain baru di komunitas bisnis Asia Pasifik, acara seperti ini memberikan kesempatan langka untuk dapat menggali dan memperoleh informasi terkait dengan peluang dan strategi di wilayah tersebut.

Langkah-langkah mutakhir bagi penyedia layanan telekomunikasi di Asia Pasifik pada tahun 2015 menjadi pembahasan utama dalam acara ini. Dengan tema-tema yang paling banyak dibahas antara lain peningkatan dalam penggunaan data, tantangan migrasi serta kebutuhan akan cross platform serta akses ke multi device. Topik utama yang juga dibahas dalam acara ini yaitu evolusi dari kerjasama-kerjasama strategis. Penggabungan usaha dari industri dan latar belakang yang berbeda menjadi salah satu bentuk kerjasama dari beragam kerjasama strategis lainnya. Hal ini menjadi salah satu wujud dalam era globalisasi yang saat ini kita hadapi dan dengan bentuk ini pula datang banyaknya peluang yang bisa diraih oleh perusahaan seperti Telstra ataupun perusahaan gabungan seperti telkomtelstra.

Dustin Kehoe, Direktur Program IDC Asia/Pasifik menjelaskan bagaimana ketatnya persaingan dalam pengajuan penghargaan tahun ini, dengan dilihat dari aspek bagaimana usaha para penyedia layanan mengubah bisnis model dan strategi channel mereka. Dengan lebih dari 100 nominasi yang diajukan ke IDC dari seluruh Asia, saya merasa sangat terhormat dan bahagia menerima penghargaan ‘Most Innovative Partnership’ bersama dengan Bpk. Rizkan Chandra, Direktur Network & Solution IT Telkom Indonesia untuk joint venture telkomtelstra dalam memberikan solusi terintegrasi mulai dari jaringan, aplikasi hingga layanan tambahan di atas jaringan terbaik di Indonesia  kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Dengan menerima penghargaan di usia yang terbilang baru, menggambarkan bahwa joint venture dari Telkom Indonesia dan Telstra ini merupakan bentuk pengakuan sebagai inovasi dan kolaborasi yang baik.

Usaha gabungan dari Telkom Indonesia dan Telstra merupakan kerjasama strategis yang inovatif dengan memanfaatkan infrastruktur yang ada di Telkom Indonesia, wawasan lokal, dan kekuatan hubungan Telkom Indonesia dengan para pelanggannya (perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia). Telstra dalam kemitraan ini akan membawa pengetahuan dari sumber daya manusianya dengan kapabiltas-kapabilitas yang telah terbukti di dunia serta tentunya membawa pengalamannya dalam mengembangkan, merancang, dan memberikan layanan Network Application Services bagi pelanggan enterprise di Indonesia.

Penghargaan ini menandakan awal yang baik dari apa yang akan menjadi sebuah kerjasama yang sukses, berjangka panjang dan tonggak awal dalam mencapai target ambisius yang telah kita tetapkan untuk diri kita sendiri. Hal ini juga melambangkan persatuan dari nilai-nilai serta budaya Indonesia dan Australia, dan saya sangat bangga dengan usaha tim kita pada sepanjang perjalanan hingga saat ini. Terima kasih sekali lagi kepada IDC atas penghargaan ini dan semoga kedepan akan masih banyak lagi !