Insights

Dapatkan wawasan terbaru

Insights

Telkomtelstra Dukung Implementasi Digital Workplace dengan Produk Office 365

  • Lebih dari 50% pekerja di Asia Pacific, termasuk di Indonesia, akan diisi kaum milenials yang sering dikaitkan sebagai digital-native pada kehidupan sehari-hari sehingga mobile-first dan cloud-enabled environment akan menjadi penggerak dari lingkungan di masa depan.
  • Telkomtelstra menghadirkan Office 365 sebagai bagian dari Software-as-a-Service solusi cloud yang dapat memberikan kebebasan bagi pegawai untuk bekerja secara fleksibel dari semua perangkat tanpa mengurangi produktivitas.

 


JAKARTA, 8 Mei 2018 – Perkembangan pesat teknologi digital telah mengubah lanskap bisnis secara dinamis. Hingga tempat kerja pun tidak luput dari perubahan teknologi digital. Terlebih lagi, tenaga kerja milenials yang pada 2020 akan mendominasi angkatan kerja lebih mengutamakan tempat kerja digital (digital workplace) untuk mendukung produktivitasnya.

Dengan pergeseran perilaku kerja para millenials yang lebih dinamis saat ini, dalam kenyataannya masih banyak perusahaan yang belum mengambil langkah lanjut meskipun sadar akan kebutuhan untuk menyediakan lingkungan kerja yang lebih fleksibel. Penyediaan sistem dan akses teknologi yang mumpuni untuk mendukung kolaborasi dan mobilitas dari digital workplace menjadi suatu tantangan utama.

Ernest Hutagalung, Chief Financial Officer telkomtelstra, menjelaskan organisasi dan budaya kerja akan bergeser serta digital workplace tidak dapat dihindari. Secara umum, digital workplace dapat membuat strategi bisnis lebih efektif serta membuat keterlibatan karyawan melalui lingkungan komputasi yang lebih mirip konsumen.

pak Ernest Hutagalung

“Perusahaan saat ini, terutama jajaran manajemen, harus siap mengatasi setiap hal yang dapat menghambat kolaborasi digital. Dengan demikian, digital workplace dapat menghadirkan kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai dinamika bisnis untuk memenangi kompetisi. Kemampuan beradaptasi ini dapat berupa kecepatan dan kelincahan dalam berkomunikasi, berkolaborasi, serta berkoordinasi dari masing-masing tenaga kerja untuk meningkatkan kinerja bisnis perusahaan,” katanya dalam sambutan di acara ‘Future Workplace in Digital Era’ yang diadakan oleh telkomtelstra berkolaborasi dengan IDC.

Data IDC memprediksikan bahwa lebih dari 50% pekerja di Asia Pacific, termasuk di Indonesia akan diisi oleh kaum milenials, yang sering dikaitkan sebagai digital-native pada kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, IDC melihat ke depannya mobile-first dan cloud-enabled environment akan menjadi penggerak dari lingkungan di masa depan.

Mevira Munindra, Head of Consulting Department IDC Indonesia, menjelaskan bahwa teknologi cloud sebagai salah satu fondasi yang dapat mendukung implementasi digital workplace.

Berdasarkan riset dari IDC, aplikasi kolaborasi dan produktivitas bisnis merupakan penggunaan yang paling dominan saat ini dalam implementasi cloud. “Hampir 40% beban kerja untuk kolaborasi dan integrasi bisnis sudah mulai dilaksanakan dengan cloud,“ kata Mevira.

Perusahaan Indonesia yang telah beralih ke solusi cloud sebagian besar melakukannya untuk meminimalisasi biaya operasional perusahaan dan mendapatkan keleluasaan dalam mengadopsi teknologi terbaru untuk optimalisasi bisnis tanpa harus mengeluarkan investasi besar untuk membeli perangkat keras baru. Aplikasi dari cloud sendiri memungkinkan perusahaan untuk melakukan kolaborasi dengan mudah di mana saja dan kapan saja secara real time.

Menurut Ernest, melalui aplikasi cloud seperti office 365 yang disediakan oleh telkomtelstra, perusahaan tidak lagi harus menyediakan hardware dengan biaya besar untuk tercapainya lingkungan kerja yang sangat membutuhkan fleksibilitas. “Telkomtelstra menghadirkan Office 365 sebagai bagian dari Software-as-a-Service solusi cloud yang dapat memberikan kebebasan bagi pegawai untuk bekerja secara fleksibel dari semua perangkat tanpa mengurangi produktivitas. Office 365 memungkinkan pegawai untuk bekerja di mana saja dan kapan saja dengan fitur pendukung untuk berkolaborasi secara online baik dari telepon, video call, sharing file, mengedit file secara bersama dalam satu dokumen dan lainnya,“ ujar Ernest.(*)

----- end -----

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Sakkan Abram
Marketing Communication Manager
08111634192

E-Mail: sakkan.abram@telkomtelstra.co.id