Insights

Dapatkan wawasan terbaru

Insights

TelkomGroup dan Telstra Sepakat Mengembangkan Kerjasama Pemanfaatan Tenaga Kerja Profesional di Bidang Teknologi Informasi Global

Jakarta, 31 Januari 2018 – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan Telstra Corporation Ltd (Telstra) hari ini menandatangani Memorandum of Understanding (Mou) Indonesia Global Delivery Center (IGDC) yang merupakan bentuk inisiatif untuk mendorong penetrasi bisnis memenuhi kebutuhan layanan IT service di pasar global melalui pengembangan tenaga kerja sektor teknologi informasi.

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga dan Presiden Direktur Telstra Andrew Penn di Jakarta, Rabu (31/1), disaksikan oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan, Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom David Bangun, Presiden Direktur Telkom Metra Otong Iip dan Presiden Direktur telkomtelstra Erik Meijer.

Inisiatif kedua perusahaan dalam mendirikan IGDC ini membuka peluang besar bagi tenaga kerja Indonesia yang menekuni bidang teknologi informasi untuk memasuki pasar global dan memungkinkan Telstra mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan untuk mengeksplorasi lebih banyak peluang bisnis di Asia Pasifik di bidang layanan profesional, perancangan solusi, dan operasi jaringan.

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga mengatakan, kemitraan strategis antara Telkom dan Telstra ini memungkinkan Telkom memberikan kesempatan pengembangan kompetensi kepada talenta-talenta Indonesia di sektor teknologi informasi melalui berbagai proyek Telstra di berbagai negara dengan sesuai standar internasional. Di sisi lain, Telstra akan mendapatkan akses untuk tenaga kerja terbaik Indonesia di sektor teknologi informasi yang mendukung strategi pertumbuhan serta penetrasi bisnis Telstra secara global.

Telkomtelstra sebagai pengelola IGDC menawarkan peluang kepada pemerintah daerah/kota untuk mendapatkan peluang ini karena akan menempatkan kantor IGDC di daerah yang bisa menyediakan sumber daya tenaga kerja IT mumpuni serta bisa memberikan insentif menarik.

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga menyampaikan, inisiatif pembentukan IGDC merupakan upaya Telkom sebagai industry leader di sektor telekomunikasi digital untuk menjawab tantangan pemerintah Indonesia dalam melahirkan SDM berdaya saing global guna memenuhi kebutuhan tenaga profesional di sektor teknologi yang saat ini berkembang pesat. Pembentukan IGDC juga merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan global exposure talenta-talenta berbakat Indonesia, khususnya talenta TelkomGroup.

“Dalam menghadapi persaingan global di era digital dan menunjang pembangunan nasional, Telkom dan Telstra berkerjasama erat untuk menciptakan tenaga kerja yang terampil yang tidak saja dibutuhkan di dalam negeri, namun juga dapat mengisi pasar kerja internasional. Selain itu, IGDC juga merupakan wujud kepercayaan Telstra selaku salah satu operator global kepada Telkom Indonesia,” ujar Alex J. Sinaga.

Sementara itu, Presiden Direktur Telstra, Andrew Penn, mengatakan MOU tersebut menggambarkan kemitraan yang berkelanjutan di bidang teknologi antara Telstra dan Telkom, yang sebelumnya sudah berjalan melalui pengelolaan manajemen proyek dan pelayanan device testing yang dilakukan oleh Telkomtelstra (Joint Venture Telkom dam Telstra di Indonesia yang didirikan pada 2014) kepada Telstra.

"Nota kesepahaman ini sebagai bentuk penjajakan dengan mempelajari berbagai kemungkinan untuk mengembangkan inisiatif ini, termasuk diantaranya membentuk tim baru di Indonesia untuk mendukung layanan Telstra kepada berbagai pelanggan kami yang tersebar secara global. Hal ini tentunya akan berpotensi menciptakan banyak peluang baru bagi tenaga terampil di Indonesia." ujar Andrew Penn.

"Indonesia adalah tetangga terbesar Australia, mitra dagang utama dan digital hub yang sedang berkembang. Mengingat Indonesia mempunyai salah satu jumlah talenta terbesar di dunia, maka pengembangan fasilitas baru yang sedang dijajaki melalui inisiatif ini adalah suatu area kolaborasi dan kerjasama melalui JV telkomtelstra dalam menunjang kapasitas sumber daya manusia.” pungkas Andrew Penn.

Tidak hanya menjalin kerjasama pengembangan kompetensi SDM, pada kesempatan pertemuan kedua pimpinan telco ini, dilakukan juga diskusi peluang kerjasama bisnis di masa mendatang antara Telkom dan Telstra antara lain mencakup Internet of Things, Media & Satellite, Cyber Security, Consulting & Professional Services (PS), International Mobile Roaming & VoIP, E-Health, dan Telin Australia Contact Center.