Studi Kasus

Implementasi Cloud di Sektor Pemerintahan, Telkomtelstra Berikan Keunggulan untuk Transformasi Digital dan Perlindungan Kedaulatan Data

Jum 29 Januari 2021, telkomtelstra

Melalui solusi Azure Stack, Telkomtelstra mendukung pelanggannya dari Institusi pemerintah untuk meningkatkan kualitas layanan terhadap masyarakat dan memastikan kedaulatan data.

Selama beberapa tahun terakhir, Pemerintah Indonesia telah mengemukakan komitmen tinggi untuk memanfaatkan teknologi digital dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan publik bagi warga Indonesia. Bila adopsi teknologi digital ini diterapkan dengan tepat, pemerintah tidak hanya bisa memberikan pelayanan yang lebih cepat, tetapi juga bisa melakukan efisiensi dalam strategi anggaran pembelanjaan.

Untuk menuju transformasi digital, solusi cloud telah diperhitungkan sebagai bagian dari strategi utama banyak institusi pemerintahan.

Salah satu pelanggan Telkomtelstra adalah Institusi pemerintah yang dibentuk oleh Kementrian Keuangan dengan fokus di inisiatif pemberdayaan usaha mikro. Institusi pemerintah ini menyadari manfaat penggunaan cloud untuk meraih agilitas dan fleksibilitas. Lebih lanjut lagi implementasi cloud dapat memberikan efisiensi untuk struktur pembiayaan yang memungkinkan penghematan dan juga peningkatan keamanan.

Tapi apakah solusi transformasi digital itu dapat sukses tanpa kendala, mengingat kompleksitas sistem dan legasi infrastruktur yang biasanya didapati di badan pemerintahan? Bagaimana menjawab tantangan kepatuhan kedaulatan data dalam transformasi digital, menjamin manajemen privasi terutama data publik yang sensitif, sekaligus memastikan efektivitas layanan publik yang konsisten?

Mendukung Transformasi Layanan Publik untuk Institusi Pemerintah

Menyadari tantangan yang makin kompleks itu, Institusi pemerintah ini mendekati Telkomtelstra untuk menghadirkan solusi layanan hybrid cloud Azure Stack dengan berbagai keunggulannya.

Insitusi pemerintah  ini membutuhkan solusi cloud yang fleksibel dan lincah terutama untuk melaksanakan digitalisasi pembiayaan. Institusi pemerintah tersebut dalam fungsinya saat ini membangun ekosistem digital dalam rangka menyediakan alternatif metode pencairan pembiayaan secara cashless bagi debitur pembiayaan.

Transformasi teknologi untuk Institusi pemerintah melalui solusi cloud memungkinkan peningkatan skalabilitas dan daya komputasi untuk big data dan kemampuan analitik. Di saat bersamaan, solusi cloud memastikan kepatuhan dan keamanan, dan kedepannya dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi dari badan pemerintah untuk layanan publik yang lebih baik.

Patut disadari, pelanggan Telkomtelstra di sektor pemerintahan ini mempunyai server data center yang dikelola sendiri dan ditempatkan di lingkungan pemerintahan. Dengan demikian, aspek agility untuk menunjang produktivitas dan juga keamanan harus menjadi perhatian, terlebih lagi harus menyediakan suatu ruang khusus dangan kondisi tertentu. Selebihnya, pelanggan ini berencana menggunakan Hybrid Cloud dengan keberadaan lokasi data center di Indonesia (hosted cloud) sebagai primary data center sebagai syarat utama memenuhi kepatuhan Peaturan Pemerintah No 71 (PP71)/2019 tentang kedaulatan data.

Solusi Telkomtelstra Azure Stack dengan teknologi global dari Microsoft dapat mengatasi banyak tantangan signifikan yang dihadapi operasional badan pemerintah saat ini. Implementasi hybrid cloud melalui Azure Stack dapat memberdayakan inovasi cloud terbaik dan mengimplementasikannya kapan saja dan di mana saja melalui pendekatan hybrid.

Tiga Keunggulan Kompetitif  Telkomtelstra Azure Stack

Berbicara layanan hybrid cloud, Telkomtelstra memiliki 3 keunggulan utama (competitive advantages) untuk sektor layanan publik, terutama Institusi pemerintah, melalui solusi Azure Stack-nya dibanding provider lain.

Pertama, di era teknologi saat ini, kecepatan adalah esensi dari pengambilan keputusan termasuk di lingkungan pemerintah. Dengan dukungan Telkom, perusahaan BUMN telekomunikasi terbesar yang dimiliki di Indonesia, Telkomtelstra Azure Stack adalah satu-satunya solusi cloud dengan teknologi global yang mempunyai akses untuk memberdayakan kemampuan jaringan Telkom yang luas di Indonesia, sehingga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pelayanan dalam jaringan untuk cloudnya secara cepat tanpa harus mengkhawatirkan latensi dan kerumitan dalam konektivitas apabila terjadi isu jaringan.

Kedua, tersertifikasi dari sisi keamanan dengan ISO 27001 berdasarkan Standar Nasional Indonesia dan mendapatkan Microsoft Certified Local Support untuk Managed Service, solusi hybrid cloud dari Telkomtelstra Azure Stack dapat memastikan backup data, retensi, pengarsipan, dan pemulihan data sensitif dengan aman dan kriteria pemulihan data terpenuhi.

Ketiga, sebagai perusahaan lokal dengan kemampuan global (glokal), solusi Azure Stack dari Telkomtelstra memungkinkan instansi pemerintah untuk menyimpan beberapa aplikasi atau data strategis di Indonesia dan data lainnya dalam lingkungan non-virtual tradisional ataupun public cloud tanpa harus mengkhawatirkan kualitas dari pengelolaan cloud. Hal ini tentunya membantu pemerintah untuk memenuhi persyaratan kepatuhan untuk kedaulatan data.

Solusi Kebutuhan Termutakhir 

Dengan tiga keunggulan tersebut, Telkomtelstra menyediakan solusi Azure Stack untuk Institusi pemerintah ini. Layanan Telkomtelstra secara garis besar dikonkretkan dalam dua hal.

Pertama, penyediaan virtual machines di cloud yang akan difungsikan sebagai primary data center. Pengembangan Virtual Machines pada Linux dan Windows dalam waktu singkat dengan pilihan pada bahasa pemrograman, beban kerja dan sistem operasi. Mampu mendukung berbagai host Linux, server Windows, server SQL, Oracle, IBM dan SAP. Virtual Machine memberikan fleksibilitas melalui visualisasi untuk berbagai solusi komputasi – development dan testing, menjalankan aplikasi atau memperluas data center.

Kedua, pengembangan aplikasi berbasis cloud. Pengembangan aplikasi yang telah dibuat agar mempunyai performa yang lebih cepat di dalam platform atau perangkat apa pun. Memberikan performa dengan skalabilitas dan keamanan yang jauh lebih baik didalam satu platform untuk memenuhi kebutuhan compliance.

Kelincahan dan Perlindungan Data

Dengan keunggulan solusi Telkomtelstra Azure Stack yang sesuai kebutuhan instansi pemerintah tersebut, hasil yang diraih pun sesuai dengan ekspektasi. Telkomtelstra Azure Stack mampu memberikan kebebasan dan kelincahan melalui inovasi hybrid cloud dalam pengelolaan data terutama pada fungsi strategis maupun kritis, sekaligus tetap mematuhi peraturan tentang perlindungan dan kedaulatan data yang diemban Institusi Pemerintah itu. Di saat yang bersamaan, Telkomtelstra juga memberikan keamanan dan kemampuan untuk pengaturan biaya yang lebih efisien dalam implementasi IT. Selain itu, dengan Telkomtelstra Azure Stack, sumber daya IT dari sektor pemerintahan ini dapat dialokasikan untuk tugas-tugas lain seperti Inovasi Teknologi karena efisiensi operasional yang dihasilkan oleh solusi hybrid.(*)